Rabu, 01 Mei 2013

Tips Mengatasi Anyang-Anyangan Secara Cepat Tanpa Obat

Beberapa hari terakhir ini udara terasa sangat panas karena sudah mulai masuk musim panas.
Dalam kondisi cuaca yang seperti ini, asupan air yang masuk ke dalam tubuh harus lebih diperhatikan agar jangan sampai dehidrasi, apalagi jika pekerjaan yang dilakukan membutuhkan aktifitas fisik yang berat.
Umumnya dalam sehari kita harus minum air minimal 1.5 liter. Namun dalam kondisi udara yang panas dan banyak berkeringat, asupan air tersebut harus ditambah juga.

Asupan air yang kurang pada diri saya sering kali membuat saya merasa anyang-anyangan saat sore hari.
Biasanya anyang-anyangan ini menyerang saat saya kurang minum dan bekerja di bawah teriknya sinar matahari atau pekerjaan fisik seperti mengangkat barang dan sering membungkuk.

Saat sore setelah pulang kerja dan buang air kecil, urine yang dikeluarkan sangat sedikit padahal rasanya belum tuntas dan selalu ingin buang air kecil. Selain itu kemaluan juga terasa panas dan perih seperti terbakar.
Kondisi ingin buang air kecil terus menerus namun urine tidak bisa keluar atau hanya menetes sangat sedikit dan terasa panas dan perih pada kemaluan seperti ini biasanya disebut sebagai anyang-anyangan.


Menurut ilmu kedokteran, anyang-anyangan ini umumnya terjadi karena adanya infeksi pada saluran kemih atau kondisi kemih yang tidak biasanya.

Untuk anyang-anyangan yang terjadi karena infeksi, sudah jelas bahwa penyebabnya adalah bakteri dan pengobatannya harus menggunakan obat baik obat kimia maupun obat tradisional.

Untuk anyang-anyangan yang terjadi karena kondisi kemih yang tidak biasanya, penyebabnya bisa bermacam-macam seperti kurang minum dan aktivitas fisik yang berat seperti olah raga. Saya ingat dulu waktu masih sekolah, saat olah raga terlalu lelah juga kadang terkena anyang-anyangan.
Mengapa saat kurang minum dan melakukan aktivitas fisik yang berat tersebut bisa terkena anyang-anyangan saya juga masih belum tahu penjelasan secara medis dan klinisnya. Nah, untuk anyang-anyangan yang terjadi karena kondisi kemih yang tidak biasanya ini bagi saya tidak membutuhkan obat apapun untuk menyembuhkannya.

Dulu saat masih sekolah jika anyang-anyangan, saya disuruh ibu saya minum air hangat dicampur garam secukupnya yang banyak. Memang lama-kelamaan anyang-anyangan tersebut hilang, namun butuh waktu berjam-jam hingga semalaman.
Saat ini jika saya anyang-anyangan, dalam waktu yang relatif singkat hanya dalam beberapa menit saja sudah hilang. Caranya adalah dengan melakukan penekanan terhadap titik-titik refleksi pada kedua kaki dan cara ini sudah saya buktikan sendiri berhasil selama ini.
Cara ini saya dapatkan dulu saat saya membaca buku tentang refleksiologi. Cuma judul bukunya apa sudah lupa dan bukunya sendiri sekarang juga sudah hilang entah kemana.
Penjelasan secara klinis bagaimana penekanan terhadap titik-titik refleksi pada kedua kaki bisa menghilangkan anyang-anyangan saya juga kurang begitu jelas, mungkin karena yang ditekan pada telapak kaki adalah titik-titik saluran kemih sehingga merangsang syaraf-syaraf pada kandung kemih.

Untuk mengetahui bagian mana yang perlu dilakukan penekanan, sedikit banyak kita perlu mempelajari titik-titik refleksi pada kedua telapak kaki.
 

Gambar disamping adalah titik-titik refleksi pada kaki dan hubungannya dengan organ tubuh.

Pada bagian telapak kaki yang dilingkari berwarna hitam adalah bagian saluran kandung kemih yang akan dilakukan penekanan dan pemijatan.





Link Sumber Gambar Dan Informasi Tentang Refleksiologi

Pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan buku jari telunjuk atau jari tengah, bisa juga dengan menggunakan alat pijat untuk refleksiologi yang biasanya terbuat dari kayu atau plastik.



Tekan dengan keras sambil memijat dengan arah sesuai  dengan gambar disamping hingga terasa sakit terutama pada bagian ujung (bladder) secara berulang-ulang selama beberapa menit hingga anyang-anyangan anda hilang.
Bagian bladder di telapak kaki itu biasanya permukaannya agak menonjol sedikit di bagian sampingnya.


Agar buku jari tidak sakit karena gesekan dengan telapak kaki selama pemijatan, oleskan body lotion atau minyak urut secukupnya.


Selain pemijatan pada bagian saluran kemih, lakukan juga pemijatan pada bagian ibu jari. Untuk ibu jari ini cukup ditekan saja hingga terasa sakit.

Jangan lupa minum air secukupnya setelah melakukan refleksi tersebut untuk memperlancar pembuangan urine.

Yang terpenting dalam melakukan refleksiologi ini adalah mengetahui bagian mana yang perlu ditekan/ direfleksi. Titik refleksi pada telapak kaki yang keliru akan menyebabkan tidak adanya rangsangan pada syaraf yang dituju sehingga tidak akan ada manfaatnya. Untuk saya sendiri biasanya lebih saya utamakan bagian bladder. Begitu bagian bladder saya tekan anyang-anyangannya langsung berkurang.



187 komentar:

  1. Terima kasih sekali untuk sharingnya!! :D Anyang anyang saya langsung hilang!!! Dari dulu saya minum obat urotractine terus, kalau sudah tau cara ini, engga perlu obat lg deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah jika anyang2an anda bisa dihilangkan dengan cara ini.

      Setelah saya menulis tips ini, beberapa hari kemudian saya terkena anyang2an lagi dan hal ini berulang. Memang setelah saya refleksi hilang, namun beberapa hari kemudian anyang2an tersebut muncul lagi dan terjadi berulang-ulang selama beberapa hari.

      Jika selama ini saya yang melakukan penekanan sendiri, saat itu kemudian saya minta bantuan orang lain untuk melakukan refleksi tersebut dan syukurlah hingga saat ini anyang2an tersebut belum datang lagi :p

      Alasan saya minta bantuan orang lain untuk melakukan refleksi tsb adalah jika saya sendiri yang menekan, saat terasa sakit otomatis penekanan saya kurangi, berbeda dengan jika orang lain yang menekan sekeras-kerasnya.

      Hapus
    2. coba dengan ditusuk jarum (akupunktur). terimakasih infonya, langsung saya coba ke pasien,

      Hapus
    3. Beneran lho berhasil, barusan neh terserang pas dirumah ada alat pijetx eh langsung, jadi ga saakit lagi. Makasih banget. Udah lama nyari cara cepat baru kali ini ketemu.

      Hapus
    4. Alhamdulillah..Aku juga udah nyoba sendiri...Pertama aku udah nyoba makan obat..And iket jempol..Minum banyak air..Tapi..Masih aja sakit...Sampai aku nemuin blog ini n Trus praktekkin sendiri mijit area telapak kaki..Wow..Seketika Anyang-anyangan aku langsung berkurang.... Alhamdulillah..Berkat yakin n pertolonga Allah semua penyakit ada cara penanggulangannya..Makasih ya ..Semoga Allah..Selalu memberkahi kita dengan kesehatan..Amiin..

      Hapus
  2. Thanx atas solusinya. Dulu waktu saya masih SD, iseng-iseng beli buku pijat refleksi & pengobatan tradisional di bus kota. belajar dari buku itu untuk mengobati anyang-anyangan yang saya alami, ternyata manjur dalam hitungan menit. setahu saya, selain di kaki, ada juga titik refleksi yang ampuh, entah dibawah telinga atau di telinganya. saya lupa, sayangnya buku itu sudah hilang ditelan banjir waktu saya SMA.

    untuk menghilangkan anyang-anyangan selain dengan refleksi adalah dengan minum air kelapa sebanyak-banyaknya (biasanya hingga perut kembung). bila sudah minum air kelapa, tunggu hingga kita merasakan ingin buang air kecil secara normal, bukan karena sakit anyang-anyangan. biasanya bila susah mendapatkan air kelapa bisa digantikan dengan air teh yang sedikit encer (bening), namun cara ini tidak seefektif air kelapa.

    BalasHapus
  3. Wah beneran berhasil, saya tiba tiba anyang-anyangan pukul 02.00 dini hari. Setelah saya pijat dibeberapa titik, beberapa menit kemudian saya bisa buang air kecil meskipun tidak terlalu banyak , Terimakasih tipsnya untung pagi2x gini nemu blog bermanfaat gini

    BalasHapus
  4. saya belum berhasil, kadang rada mendingan tapi bentar bentar kumat lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dilakukan penekanannya yang di bladder agak digeser sedikit agak kebawah ke mendekati bagian rektum karena kadang kala bagian yang ditekan kurang tepat. Lalu saat menekan juga harus sekuat tenaga hingga sakitttttttt.

      Kalau sering anyang2an dan datangnya tidak perduli waktu (dalam kasus saya sering kali anyang2an tersebut menyerang saat kecapean atau kurang minum), sebaiknya coba diperiksakan ke dokter siapa tahu anyang2an anda disebabkan karena infeksi atau peradangan atau karena penyakit lainnya.

      Hapus
  5. Manurut mbah saya, anyang2an baru sembuh setelah jempol kaki diiket pake karet..efeknya jg lumayan cepat..mungkin ada kaitannya ama refleksi yg agan jelasin diatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju om
      saya juga selalu make karet dan hasilnya lumayan cepet,...
      klo pengen maximal mending dua2nya di pakai om alias di pakek in karet sealian di pijat

      Hapus
    2. Kalau saya jempolnya dikasih karet alhamdulilah agak lumayan sama minum airnya agak bnyak, biarpun buat pipis agak sedikit lancar masih terasa sakit

      Hapus
  6. Waaahhh. .... tips yg bener-bener bermanfaat banget buat aq pribadi neh .... pulang dari luar kota udah capek tiba2 anyang2an yang sangat menyiksa dan sakiiittt banget. ...akhirnya aq praktekin cara terapi ini. ..emang agak sakit kalo ditekan.. . Namun perutku tdk berasa sakit lagi.. ......tx yaahh. .......

    BalasHapus
  7. terima kasih infonya manjurr banget :D

    BalasHapus
  8. Saya sering mengalami hal ini, eh akhirnya nemu artikel ini. makasih infonya. bermanfaat banget. :D

    BalasHapus
  9. Saya baru terkena anyang-anyangan tadi malam, saya sudah coba cara ini namun masih tidak mempan. Sudah ditekan-tekan pakai alat di beberapa titik refleksi di kaki masih juga tidak mempan.
    Saya mengalami anyang-anyangan yang cukup parah karena baru pertama kali sampai keluar darah.

    Setelah dari beberapa sumber yang saya dapatkan (salah satunya http://anyanganyangan.com/ ). Ternyata penyebabnya bukan saja karena sering menahan pipis, tapi juga dari infeksi bakteri pada saluran kencing / ISK (http://infeksisalurankemih.com/)

    Saya juga menemukan bahwa ada salah satu antibiotik yang mempan mengatasi infeksi saluran kemih. Salah satunya adalah Amoxicllin (http://www.blogdokter.net/2007/08/30/amoxicillin/)

    Saya sempat demam dan akhirnya minum Amoxicillin yang selalu tersedia di kotak obat saya. Baru beberapa saat setelah minum antibiotik tersebut, sakitnya mereda dan saya bisa paksakan untuk tidur (pukul 03.00 pagi).

    Tadi pagi setelah sarapan, saya minum antibiotiknya lagi dan semakin membaik. Pipis menjadi semakin tidak sakit, namun badan masih hangat.

    Saya mungkin akan tetap ke dokter nanti malam untuk mendapat kepastian dari ahlinya.

    Semoga lekas sembuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah jika setelah minum amoxicilin sakitnya mereda. Itu artinya tubuh anda masih belum resisten terhadap amoxicilin.
      Satu hal yg sering kita lupakan adalah minum antibiotik yang asal2an. Sering kali saat sudah tidak sakit, antibiotiknya juga kita stop. Antibiotik yg diberikan oleh dokter kan harus selalu dihabiskan untuk mencegah bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut.

      Mungkin bisa dishare hasil diagnosa dokternya bagaimana beserta tindakan medisnya agar menambah pengetahuan kita semua.

      Thanks.

      Hapus
  10. Entah ini tangan saya yang kurang kenceng nekannya atau emang belum ditakdirkan untuk sembuh? Sebentar hilang rasa sakitnya, tapi balik lagi.
    Tapi tips ini saya akui praktis dan mudah drpd harus meminum ramuan ramuan aneh, atau mengikat jempol kaki dng karet gelang (cara ini sngt kuno dan hanya berdasarkan ajaran nenek moyang)
    Thanks Gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai cara ini belum sembuh, mungkin anyang-anyangan anda bukan disebabkan oleh kondisi kemih yang tidak biasa melainkan disebabkan oleh infeksi atau sakit lainnya. Sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis urologi.

      Mengikat jempol kaki dengan karet gelang itu sebenarnya tujuannya sama untuk merangsang syaraf yang terletak di ibu jari kaki dimana titik refleksi untuk anyang2an ini selain di telapak kaki juga di telapak ibu jari kaki.

      Untuk hubungannya bagaimana telapak ibu jari kaki yang merupakan syaraf bagian kepala dengan anyang2an saya juga tidak tahu pastinya.

      Hapus
    2. anyeng anyengan ngilanginnya salah satu caranya dengan banyak minum. Sekali minum ampe 2 gelas atawa 1 literan. Diusahakan dibawa bobo atau tidur setelah minum. Bangun tidur anyeng-anyengannya insyaalloh udah pamit pergi entah kemane

      Hapus
  11. biasanya min,jempol kakiku tak iket karet pling 10 menit udah hilang

    BalasHapus
  12. Bismillah semoga berhasil, saya coba dulu ya gan :-) .

    BalasHapus
  13. weeew canggih nih gan infonya.
    Dari tadi sore saya anyang2an. Udah nyoba pake karet awalnya tapi masi berasa sakit sedikit. Terus saya browsing dan nemu ini. Langsung saya bookmark biar bisa sekalian liat2 titik2 refleksi di kaki. hehehe.
    makasi banyak yaaa.. semoga sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  14. makasie ya infonya,,,
    manjur banget,,anyang2an nya langsung hilang setelah pemijatan,,, :)
    makasie bnayak pokokny,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. perempuan juga bisa anyang anyangan ??

      Hapus
    2. Bisa lah. Akupun saat ini sedang mengalaminya. 😭

      Hapus
  15. Bagus infonya,,,tapi belom saya coba,,,terlalu ribet,,
    Ad alternatif yg sederhana dan cpat dlam mengatasi anyang"en,,,

    Cerita sedikit:
    Dlu kala waktu saya d'desa,saya tnggal brsama nenek,,pda suatu hari saya anyang"en dan sma nenek saya ibu jari kakiQ d'ikat sma gelang karet,,dan slang bbrapa menit lngsung smbuh,,,trik itu q gunakan smp saat ini jika q anyang"en,,,,untk alsannya apa,q krang tau krena nenekQ sdah meninggal jadi gak bisa tnya apa alasannya ktika anyang"en ibu jari kaki d'ikat sma gelang karet..dh gitu aja

    BalasHapus
  16. Anyang-anyangan kadang kambuh, antisipasi pertama selalu amoxilin dan acyclofir. Tp menyebab utama biasanya krn kurang minum dan aktifitas berlebih dan cuaca yg sgt panas, sehingga dehidrasi. Dgn membaca artikel tips td buat saya bermanfaat banget krn anyang anyangen sangat menyiksa... Terima kasih krn mau berbagi info

    BalasHapus
  17. Thanks infonya ya :)
    Sangat bermanfaat dan terbukti.

    BalasHapus
  18. ok banget tipsnya trim's

    BalasHapus
  19. terima kasih buat smua sarannya

    BalasHapus
  20. Saya praktek langsung deh

    BalasHapus
  21. Thanks sarannya. Barusan saya praktekkan moga cpt sembuh ya.

    BalasHapus
  22. Makasih ya anyang anyangan saya telah hilang cuma beberapa menit

    BalasHapus
  23. Matur nuhun ya boss setelah mencoba tips diatas dlm bberapa menit anyang anyangku langsung hilang. . . .Skali lagi matur nuhun yaaaaaa

    BalasHapus
  24. Saya barusan juga nyoba.Telapak kaki dipijit sesuai gambar sampai bertahak-tahak dan keluar air mata kayak orang nangis. Akhirnya enak deh ! Trims gan !

    BalasHapus
  25. Makasih sekali tipsnya.
    Begitu baca langsung praktek, benar sekali, beberapa menit kemudian, hilang rasa sakitnya dan kebelet pipisnya. Biasanya pake daun kumis kucing, tetapi karena disini tidak ada dan jauh dari kota, akhirnya internet jadi andalan buat cari obat/cara yang lebih mudah.
    Terima kasih sekali..!
    Salam dingin dari Kanada

    BalasHapus
  26. Udah lamaaaa banget gak anyang2an, hari ini kebagian kena anyang2an. Diagnosis krn kurang minum. Pas buka net, ketemu deh cara ini. Nyobain tekan titik refleksinya sendiri (gak sakit) + minum 600 ml air. Alhamdulillaah.. baikan. Thanks ya mas, membantu sekali :D

    BalasHapus
  27. top markotop gaann caranya,, udah q cba ampuhh bngett,, bisa lngsung sembuh,,

    BalasHapus
  28. istri saya anyang anyangan,saya ikuti cara di atas dengan pemijatan yg agak keras emang langsung terasa efeknya..manjur makasih untuk artikelnya
    .sangat bermamfaat.

    BalasHapus
  29. siip banget tipsnya bro.... trmaksh anyang2an sy alkhamdulillah smbuh setelah refleksi ini.... :-)

    BalasHapus
  30. kalo sy sih obatnya cuma pakek karet di jempol kaki ama minum air rebusan kumis kucing

    BalasHapus
  31. bagus sekali!!! saya barusan anyang2an, sy google nemu blog ini bermanfaat bgt langsung hilang!!! thanksss

    BalasHapus
  32. Terima kasihhh!!!berhasil tipsnyaa!!!

    BalasHapus
  33. subhanallah.. terima kasih atas tipsnya.
    saya sudah 2 hari anyang2an, begitu baca tipsnya langsung minta tolong suami pijitin, 10 menit kemudian buanf air kecil dengan normal.

    BalasHapus
  34. kakak saya kemarin katanya anyang-anyangan kemudian keluar nanah tapi tidak kencing nanah, gejala apa itu dan bagaimana cara mengobatinya? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya nanah terjadi karena infeksi. Infeksinya karena apa harus diperiksa terlebih dahulu. Bisa karena infeksi saluran kencing, bisa karena penyakit kelamin, dll. Untuk itu sebaiknya kakak anda memeriksakan diri ke dokter. Biasanya oleh dokter akan diberikan antibiotik. Misalnya antibiotik dari golongan cephalosporin seperti cefadroxil atau dari golongan quinolon seperti ciprofloxacin, dll tergantung jenis bakteri yang menyerang.

      Hapus
  35. alhamdulillah ilang jg.td abs maen futsal jam 12 mlm.
    ee tb2 dpet anyang2an jam 2:30 mlm.buka internet baca artikel ini alhamdulillah manjur jg.klu dulu mngkn cuma bsa minung air putih sbanyk2nya maksh manfaat banget.

    BalasHapus
  36. makasih gan infonya,siiiiipppsss

    BalasHapus
  37. Makasih bagt tipsnya..barusan sy coba dan praktekkan setelah 3 hr ini sy terkena anyang-anyangen padahal sdh sy ikat ibu jari jempol dua-duanya sprt waktu sy kecil dl, tetapi tdk kunjung sembuh, setelah sy praktekkan pemijatan seperti di gambar..Alhamdulillah sembuh, sekali lagi makasih udah berbagi....

    BalasHapus
  38. subhanalloh wal hamdulillahh,,,,
    anyang2en sy berangsur hilang,,,,,

    BalasHapus
  39. lg berusaha mencoba

    BalasHapus
  40. saya sedang cobaa nehh..saya ikat jempol kaki saya dengan karet rambut..smoga berhasil..

    BalasHapus
  41. Tak ada orang drumah.. sandal refleksi 15rb pun jd.. cm sy tekankan di bagian blader.. sakitnya berangsur hilang.. smoga berhasil

    BalasHapus
  42. Saya belum coba krn baru nemu blog ini... tp anyang2an udh 3 hari ini muncul tiap jam2 pagi dan bikin g bs tdur berjam2..
    Mudah2an manjur y...

    BalasHapus
  43. makasih gan
    saya akan coba .,. :D

    BalasHapus
  44. mantebb broo..
    berhasil
    Arigatou

    BalasHapus
  45. wah luar biasa langsung terasa manfaatnya thank you bro!

    BalasHapus
  46. makasih makasih, alhamdulillah berhasil :D

    BalasHapus
  47. terimakasih alhamdulilaah membaik dah berkurang rasa anyang anyang nya uda minum air putih hangat dan pijat titik refleksinya,,,,,

    BalasHapus
  48. Trima kasih sob atas infonya . Alhamdulillah anyeng anyengan saya sudah mulai hilang . Saya ikutin tips 2"nya nih pertama saya pijit dulu abis itu saya iket sambil digantung kakinya , eh gak lama ilang kwkw jadi enak lagi buat beraktifitas.

    BalasHapus
  49. he he he manjur tenan...matur thank you.

    BalasHapus
  50. kalau minum soda susu ampuh gak sich ??!!

    BalasHapus
  51. Makasih gan buat tipsnya udah mendingan sehabis dipijit jempol kaki sama telapak kakinya... semoga sukses selalu...

    BalasHapus
  52. Terima kasih sudah share dan berbagi informasi

    BalasHapus
  53. apa sih yang dimaksud dengan anyang-anyangan ??

    saya mau tanya dong,,ummi saya mengalami sakit disaat beliau buang air kecil dan air kencing pun keluarnya sedikit.
    mohon jawabannya ya.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi ummi anda yang merasakan sakit saat buang air kecil dan air seni keluarnya sedikit sedikit tersebut itulah yang disebut anyang2an.

      Penyebab dan penyembuhannya bisa bermacam2 seperti yang saya jelaskan diatas.

      Hapus
  54. Bagi anda yang menderita ayang ayangan yang berkelanjutan, kami rekomendasikan obat herbal ekstrak teripang multikhasiat yang telah terbukti dan teruji khasiatnya. Untuk info selengkapnya silahkan kunjungi website kami. di http://obat-maag.web.id/obat-ayang-ayangan/
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  55. termakasih infonya anak saya anyang-anyangan jam 12 malam sampai bingung gk bisa tidur ahirnya saya nemu blog bermanfaat ini semoga menjadikan manfaat lagi untuk orang banyak.tks

    BalasHapus
  56. makasih bnyak infonya, udah 2hari kna gejala gtu.. sebenarnya bru tw klo namanya itu ayang2an.. klo ga nemu blog ini, mungkin saya ga bakal tw,, tpi infonya emg bener2 manjur,,, makasih bnyak... :D

    BalasHapus
  57. Terima kasih ilmu nya. Alhamdulillah berhasil menyembuhkan anyang anyangan istri tercinta setelah menderita selama 2 hari. Setelah di treatment tadi malam, dia sudah bisa tidur nyenyak. Dan pagi urine nya agak kuning (flushing effect).

    BalasHapus
  58. sudah di uji sama ITB dan IPB??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diuji sama ITB dan IPB apanya? Efek penekanan pada titik refleksi di kaki terhadap anyang2an? Kurang tahu saya apakah pernah dilakukan pengujian secara klinis atau tidak.
      Tips ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi jadi untuk penjelasan secara klinisnya saya sendiri juga kurang tahu.

      Hapus
  59. Makasih yahh infonya..udh 2 hari ini aq anyang2n. Bingung mw gmn..udh aq lakuin pemijatan. Alhamdulillah manjur..wlw sakit paz dipijetnya ga qr2 tp gpp drpada anyang2n terus

    BalasHapus
  60. lag di praktekin sambil baca blognya semoga sembuh karena dari semalam anyeng2an karena kelelahan

    BalasHapus
  61. THANK YOU sekali... anyang2 selama seminggu langsung ilang pake teknik pemijatan....

    BalasHapus
  62. thanks beud gan..
    ampuh bin mujarab...
    bisa tidur jg saya akhirnya...

    BalasHapus
  63. virlina fahani6 Juni 2014 08.49

    hari in saya anyang anyangan dan menganggu aktiftas sya.
    Dan sya jga sdah mencoba tips ini tpi knpa kg tdak brhasil ya?

    Apa benar apabla anyang anyangan yg terlalu sering kmbuh dan tdak d obati bsa menyebabkan infeksi ginjal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih memang benar, kl anyang-anyangan tdk di obati bisa infeksi ginjal..
      bisa jadi anyang-anyangan yg anda alami diakibatkan oleh infeksi bakteri atau semacamnya. karena setahu saya anyang-anyangan itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa kurang minum, bisa karena suka menahan buang air kecil, bisa juga karena kurang bersih sehabis bersenggama..

      Hapus
  64. katanya sih memang benar, kl anyang-anyangan tdk di obati bisa infeksi ginjal..
    bisa jadi anyang-anyangan yg anda alami diakibatkan oleh infeksi bakteri atau semacamnya. karena setahu saya anyang-anyangan itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa kurang minum, bisa karena suka menahan buang air kecil, bisa juga karena kurang bersih sehabis bersenggama..jadi saran dari saya, lebih baik periksa ke dokter kalo terus menerus kambuh....

    BalasHapus
  65. makasih infonya, kapan2 kalo anyangan pgn tak praktekkin mijet refleksinya.
    skali lagi trms....

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  67. terima kasih banyaakk.. bbrp hari ini saya anyang2n, awalnya bingung ini penyakit apa, sampe nangis2 nahan sakitnya.. saya udah coba pijat bag bladder langsung merah bagian itu dan anyang2annya hilang.. semoga menjadi pahala yg terus mengalir smp liang lahat.. sekali lg terima kasih... :)

    BalasHapus
  68. Trim bgts tuk infonya
    Aku sering anyangan2, kasusnya sama spt agan, kurang minum n kecapean, biasanya memang aku minumin air banyak2 tp klo udah kedaluan sakitnya, lari k antibiotik cotrimoxsazole
    Jempol diiket karet gelang boleh juga tuh di coba

    BalasHapus
  69. kalau saya minum minuman rasanya asem untuk nyembuhin.kalau anyang anyangan disertai sakit di perut bagian bawah bahaya nggak ya.sering soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sakit di perut di bagian bawah itu sakitnya bagaimana? Kalau saya, saat anyang2an biasanya perut bagian bawah juga sakit. Rasanya seperti ada otot yang tertarik dari pusar hingga ke kelamin. Kalau sakitnya seperti itu dan setelah direfleksi ayang2an dan rasa sakit dibawah perut tersebut hilang berbarengan ya nggak bahaya. Namun kalau sering, perlu diperiksa lagi mengapa kok sering anyang2an.

      Hapus
    2. iya, saya juga gitu. rasanya kayak organ d dalem perut juga mau ikut keluar lewat saluran pipis saat anyang2an. tapi saat pipis keluar cuma sedikit tp ga sakit/perih.

      Hapus
  70. Udah 2 hari ga ilang" anyang"an,bgmna ini pdhal udh saya coba cara pemijatan dan karetin jempol kaki :(

    BalasHapus
  71. Terima kasih banyak. Sudah saya coba dan benar benar memberikan hasil. Hanya Allah SWT yang bisa membalas kebaikan penulis artikel ini. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  72. setelah di pijet2,, n minum aer putih,, akhirnyaaaa,,, sembuh juga....
    thnx atas info nya yaw... :)

    BalasHapus
  73. wah kalian beruntung ya .
    entah apa yg aku alami skrg . sbnrny aku bingung
    sblm puasa udah ada gejala* anyang*. . eh waktu puasa aq malah jd bertambah smpe skrg hari raya idul fitri pun blm ada prbhn.
    pdhl aq udh minum urinter. binotal 500 n binotal 1000. jg sdh pakai berbagai refleksi pijat kaki maupun jempol kaki.
    setiap saya abis minum selang stgh jam tiap menit ny saya bolak balik kencing tp anehnya warna nya bening sprt air mineral itu jg sdkt skali. dan kalo sdh berkali* nanti sy kmbli susah pipis gak mau keluar pipisnya tapi wrna sudah kuning. sy capek tersiksa . rasanya mau keluar kbelet bgt tp gak bisa keluar dan kalo pun keluar hny sttes sj. tlg info nya

    BalasHapus
  74. Tadi sore istri saya anyang anyangan... di sertai sakit dibawah perut... kalau pun kencing dikit sekali... dan terasa neg dibagian itu... setelah baca info di atas langsung saya praktekan pemijatan... kurang lebih 7 menit pemijatan istri saya nangis gak kuat nahan pijatan... dan saya pun langsung hentikan pemijatan... saya peluk istri saya dan saya pun ikut nangis... gak tega lihat istri nangis... setelah saya tanya .. kok sakit di bagian perut nya masih neg... cuma berkurang dikit... dan pipis nya juga masih dikit... itu pun masih di sertai neg dan mual... tolong dong .. apa saya salah praktek in... atau ada gejala lain... mohon di balad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebab anyang2an itu kan macam-macam. Tips yang saya berikan disini untuk anyang2an yang disebabkan karena kondisi yang tidak biasanya (umumnya karena kecapaian dan kurang minum).

      Penyebab lainnya bisa karena infeksi saluran kencing, tempat makan turun (istilah medis atau penyebutan sebetulnya apa saya kurang tau namun menurut orang2 tua tempat makan turun salah satunya karena suka lompat-lompat atau karena jatuh), dan penyakit lain yang salah satu efek sampingnya menekan syaraf atau otot pada kandung kemih sehingga menyebabkan anyang2an.

      Kalau sudah dipijat titik2 refleksinya disertai dengan minum air hangat yang dicampur garam namun anyang2annya masih belum hilang, kemungkinan ada penyakit lain yang menyertainya. Sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mengetahui akar permasalahannya.

      Hapus
    2. Tempat makan turun = turun bero ?

      Hapus
  75. thanks gan info'a, tapi blm sempet di praktekin eh udh ilang anyeng2an'a hehe

    BalasHapus
  76. Udh 3hr aku kna ayang2an ini...menyiksa bgt...
    Aku brwsing sana sini smua nya ribet...aku coba aja cara ini,trnyata brhsil...awlnya mmang gak ada prubahan,mungkin krna krg tpat titik rflksinya smpai kaki aku skit tp lama2 akhirnya kena jg ttik refleksinya...dan taraaaaaa...sembuh...tp slain itu aku mnum amoxillin berdasarkan pnglaman yg aku baca diatas...
    Thanks bgt info nya...sangat membantu...semoga komentar saya bermanfaat

    BalasHapus
  77. sangat membantu seminggu anyang2an lgs sembuh setelah refleksi. big thank you

    BalasHapus
  78. Thx ya tips nya saya udah kgk anyang - anyangan lg deh.........

    BalasHapus
  79. Good article, Alhamdulilah lgsng sembuh 15mnit .

    BalasHapus
  80. wahh,,mmbantu bgt nih,,kbtulan lg anyang2an,pas lg diluar rmh pula,,nyiksa bgt dehh, thx info'y langsung dicoba nihh...
    wish me luck ^_^

    BalasHapus
  81. bagaimana jika pemijatannya salah, apa nanti tidak menimbulkan gelaja lainnya, soalnya dikakikan penuh dengan saraf sampai ke seluruh tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemijatan yang salah dalam arti salah arah atau salah menekan titik yang dituju secara umum tidak akan menimbulkan gejala lain. Namun dalam kasus2 tertentu ada orang yang tidak diijinkan untuk direfleksi kakinya karena suatu hal.
      Saya dulu punya teman yang setelah kecelakaan hebat tidak boleh direfleksi kakinya. Alasan mengapa tidak boleh direfleksi saat itu sayangnya tidak saya tanyakan.
      Kemudian dari buku refleksiologi yang pernah saya baca, pemijatan pada titik2 kelenjar tidak boleh terlalu lama (maksimal 15 menit kalau tidak salah ingat) dan terlalu keras.
      Namun anda tidak perlu takut untuk mencoba. Selama pemijatan sesuai dengan gambar yang saya berikan pasti aman karena sudah saya buktikan sendiri.
      Jika kondisi anda tidak memungkinkan untuk direfleksi secara umum seperti teman saya tsb ya lebih baik jangan direfleksi.

      Hapus
  82. saya sudah anyang-anyangen sehari full, aku tanya temen malah suruh ngikat jempol kaki, apa itu masuk akal? dalam kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengikat jempol kaki bertujuan untuk merangsang saraf yang berhubungan dengan kandung kemih. Jadi secara kesehatan ya masuk akal.

      Hapus
  83. tidak ada video tutorial pemijatannya ya ?

    BalasHapus
  84. yang ibu jari itu pas di tengahnya, atau pas dibenjolan ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika menggunakan alat refleksi biasanya saya menekan pas di tengah sampai sakit.
      Selain itu dengan menggunakan buku jari telunjuk atau tengah biasanya saya gerus yang sebelah sisi dalam ibu jari (bagian ibu jari yang bersebelahan dengan jari telunjuk). Arahnya dari pangkal ibu jari mengarah keluar.
      Saat menggerus jangan lupa dikasih minyak atau body lotion sebagai pelumas.

      Hapus
  85. Kalau udah anyang-anyangan satu minggu, bisa gak pake cara ini??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dicoba aja. Toh nggak ada ruginya.

      Sudah anyang2an selama 1 minggu itu nonstop atau ada saat-saat tertentu saja misalnya sore baru anyang2an, pagi hilang dan berulang lagi sorenya anyang2an lagi?
      Kalau nonstop sebaiknya diperiksakan ke dokter karena kemungkinan besar ada penyakit lain yang menyebabkan anyang2an tsb.

      Hapus
  86. Artikel yang sangat bermanfaat... (y) (y) :D

    BalasHapus
  87. Terimakasih banyak :), saya lagi mengalami .. Alhamdulillah ketemu ini blog :)

    BalasHapus
  88. Makasih bgt tipsnya, anyang-anyangan aku cuma 5mnt sembuh! :D

    BalasHapus
  89. Keren sembuh tp butuh beberapa menit sip deh

    BalasHapus
  90. terima kasih buat infonya, mau di cobain ke istri saya

    BalasHapus
  91. mantap... manjur pak, terima kasih banget buat infonya

    BalasHapus
  92. Terima kasih byk infonya pak.. Saya udh seminggu anyang2an sampe pinggang sakit hampir lemes dan cape bolak balik. Td sy coba sekitar 10 menit. Sempat ke toilet 2 x dlm wkt 5 menit. Kemudian sampe skrg udh 20 menit blm terasa mo ke toilet, pinggang msh pegel mgkn krn udh seminggu. Thanks pak. god bless

    BalasHapus
  93. informasi yang sangat bermanfaat,

    BalasHapus
  94. nanti sya coba cara ini ,,semoga sembuh ..mohon doa nya ya ..aamiin

    BalasHapus
  95. Trimakasih buat tips nya. sangat menolong sekali.

    BalasHapus
  96. terimakasih infonya, doakan semoga cepat sembuh y..

    BalasHapus
  97. Anyang2an saya reda..thx so much buat infonya

    BalasHapus
  98. Udah 3hari begini gara gara kerja jadi reception harus serving tamu jadi always nahan pipis dan kerja di ruangan ber ac bikin jarang minum , ya akibatnya begini , sekarang lg kumat dari jam 12 malam dan telat banget nemu ini blog , setelah di praktekin almost better lah πŸ˜‰ thank you so much

    BalasHapus
  99. mantep bray... entah kerna sugesti dari ente, anyang2an ane beneran ilang bray...
    padahal ane udah 2 hari kesiksa kalo pipis... ga nyaman banget bray... -_-

    skarang udah ilang deh anyang2annya...

    tengkyu somat bray...

    BalasHapus
  100. udah di coba tpi ttp anyang anyangan 😣😭 di bantu dong kaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah dicoba direfleksi dan minum air yang banyak tapi masih tetap anyang2an ya sebaiknya anda konsultasi dengan dokter karena kemungkinan besar ada penyakit lain seperti infeksi saluran kencing yang membutuhkan obat seperti obat anti radang maupun antibiotik.

      Hapus
  101. terimakasih gan.... postingannya bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  102. gua baca komen aja udah lang
    sung percaya.
    padahal belum nyoba.

    BalasHapus
  103. Kerenz.. Ampuhh.. Sangat Brmanfaat, Thanx for infonya...

    BalasHapus
  104. Barusan ngerasain anyang anyangan , setelah saya coba refleksinya , penyakitnya udah pergi noh hehe makasih infonya πŸ‘

    BalasHapus
  105. weh mantep juga ya ,,sering bgt aku anyang2 an ..tenks lah infonya bro

    BalasHapus
  106. cara tercepat nya ikat jempol kaki dengan karet,,kemudian minum air ber soda semacam sprite,,semoga tips ini bisa membantu ..trims

    BalasHapus
  107. Lohhh iya bner,,2 hari sy anyang2en *trmsk hmpir jrg bget, jd pas anyang2en rasanya sakiiiittt,, pk 00.42 iseng browsing bca ini cb lgsg praktek awal pke jmpol tgan udh krasa smbuhnya, dirasa krg mantaff bgung cari kayu, eeee ada ujungnya pganganbya kuas make up *hahaha jd pke itu,,lgsg hilang skitnya...ealaaahh kok ndak dri kmrn2 ya nemunya ^•^

    BalasHapus
  108. terima kasih infonya. sangat manjur!!!!!!!!!

    BalasHapus
  109. Alhamdulillah begitu baca dipraktekin sembuh anyang2annya makasih infonya 😁

    BalasHapus
  110. Makasih infonya. Sudah 2 hari terserang anyang-anyangan rasanya ga nyaman dan ga bisa tidur. Begitu browsing dan nemu tips ini langsung saya praktekan. Hasilnya luar biasa, anyang-anyangan saya sembuh.

    BalasHapus
  111. terima kasih atas tips nya. membantu sekali dan sangat manjur :)

    BalasHapus
  112. Alhamdulillah, terimakasih kakkk sangat membantu!!

    BalasHapus
  113. Lagi anyang-anyangan juga kawan, sakit sih tp nikmat kalau sudah sembuh.... hehe:) :) :)

    Saya hampir setiap seminggu sekali pasti anyang-anyangan karena setiap hari rabu saya futsal, nah sehabis futsal sudah di pastikan anyang"an tidak mungkin tidak.

    Ada sdikit tips dari saya cara menghilangkan anyang"an tanpa harus minum obat atau pergi ke dokter :
    1. Jangan makan terlalu banyak
    2. ikat jempol kaki dengan karet tp jangan terlalu lama cukup 15-30 menit.
    3. Ambil posisi kuda" serendah dan selama mungkin ulangi beberapa kali. (kalau tidak tahu kuda" tanya teman atau kerabat).
    4. terakhir gaya andalan gue. Berbaring kemudian tekuk kedua kaki ke bawah, bisa juga menambahkan bantal/guling di bawah pinggang (kurang lebih seperti posisi persiapan kayang) lakukan beberapa kali kalau kuat, langsung agak lama tap jangan terlalu lama10-15 menit, jika sudah merasa sembuh bisa di luruskan kembali kakinya.
    5. Tetap pada posisi berbaring dan kedua kaki ditekuk kemudian suruh sesorang untuk menginjak / memijat paha menggunakan kaki jangan terlalu keras & jangan terlalu pelan, rasakan sensasinya Insay Allah tidak lama anyang"an akan cepat sembuh.

    Itu sedikit tips dari saya, saya tetap melakukan rutinitas saya futsal setiap hari rabu meski saya tahu setelah selesai futsal saya akan anyanga"an tp saya tahu solusi untuk mengatasinya.

    Jadi tetap lakukan aktivitas kalian, selagi itu bermanfaat dan menyehatkan. terimakasih
    Salam Anti Anyang-Anyangan.

    Catatan Penting******
    Ketika Anyang"an sudah mencapai klimaks
    Cara nomor 3 dan 4 adalah yg paling tepat, tapi ketika kalian melakukan beberapa kali buanglah air walau sakit karena ketika kalian melakukan gerakan menekuk kaki dengan berbaring, sisa" anyang"an akan keluar. Jadi buang dulu lalu lanjutkan kembali.

    Selamat mencoba, smoga membantu :)

    BalasHapus
  114. alhamdulilah yaAllah 3menit langsung ilang jam 3 pagi saya kebangun gara2 anyang2an. takut knapa2 soalnya sakit awalnya. pas nemu blog ini malah ilang. makasih bang makasih banget!!! ilmu yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  115. Dulu orang sakit periksa ke dokter, Kalau sekarang sakit buka Mbh Google. hehehe :)


    #ygpntingsehatwalafiat

    BalasHapus
  116. Terima kasih infonya pak...barusan saya coba anyang" an sama sakit pinggangku sudah gak tersa lagi,tau klo begini dy gak perlu ke rumah sakit...

    Terima kasih infonya

    BalasHapus
  117. heyy..
    saya mau nanya,belakangan ini saya sering buang air kecil terus menerus itu keluarnya sedikit,apakah itu ada faktor dari makanan atau pakaian yg dipakai ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari faktor makanan saya kurang begitu tahu. Jika konsumsi cairan anda dalam sehari sangat banyak ya normal2 saja jika anda jadi sering buang air kecil. Yang perlu diperhatikan apakah keluarnya sedikit tersebut disertai rasa sakit atau tidak nyaman? Jika ya, kemungkinan besar ada gangguan di saluran kemih anda. Jika tidak, ya perlu diteliti lbh lanjut apakah kondisi tersebut baru terjadi akhir2 ini ataukah sudah lama. Banyak faktornya dan membutuhkan diagnosa dari dokter.
      Kalau dari pakaian yang dipakai bisa juga. Kadang kala menggunakan pakaian dalam yang bahannya kurang bisa menyerap keringat atau terlalu ketat sehingga area selangkangan menjadi lembab atau luka karena terkena gesekan kain dapat menyebabkan kuman berkembang dengan cepat yang pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi saluran kencing dll.

      Hapus
  118. lanjutan...
    itu yg buat refleksi itu pakai sendal kesehatan itu yh ka ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menggunakan sandal kesehatan juga bisa sih. Cuma yang perlu diperhatikan saat menggunakan sandal kesehatan tersebut adalah tekanan yang difokuskan pada bagian area yang ditandai pada gambar yang sudah saya berikan di atas.

      Sandal kesehatan pada umumnya memiliki tonjolan2 yang merata sehingga tekanan pada bagian telapak kaki juga merata sehingga kurang efektif.

      Hapus
  119. Cool.thank mas bro

    BalasHapus
  120. Puji Tuhan..tengah malam terasa anyang2an buka blog ktmu tips ini trus saya pratekkan di depan komputer lumayan mendingan sakitnya..smg sembuh yaaa ? amin..tanks infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  121. Trimakasih infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  122. All I hear is a bunch of whining about something that you could fix if you werent too busy looking for attention.
    cara mengobati paru-paru basah
    cara mengatasi maag

    BalasHapus
  123. Setiap habis olahraga (berkeringat banyak) sy selalu anyang anyangan, apakah ini indikasi terjad ISK atau kategori kondisi kandung kemih yg tidak biasa? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah saat tidak berolah raga tersebut anda tidak mengalami anyang2an? Jika anyang2an tersebut hanya terjadi setelah habis olah raga saja dan jika tidak olah raga tidak anyang2an, maka kemungkinan besar anyang2an anda termasuk dalam kategori kondisi kandung kemih yang tidak biasa.
      Sebaiknya sebelum olah raga, anda minum air putih yg banyak.

      Hapus
    2. Perbedaan antara infeksi saluran kencing dengan batu ginjal, gejala nya perbedaannya dimana??
      Saya sudah lama sakit bagian kandung kemih,dan saya kira itu peh nya turun kalo d bahasa jawa,sering dinamakan(turun beruk) dan apabila saya sakit pasti saya pijat. Saya dihubungi dosen massase saya bahwa itu beda kalo dilihat gejala saya,dan beliau bilang saya ada batu ginjalnya.Trimakasih

      Hapus
    3. Karena saya bukan dokter, maka saya kurang kompeten untuk menjawab pertanyaan anda.
      Setahu saya untuk meyakinkan apakah anda menderita infeksi saluran kencing atau tidak, sebaiknya anda melakukan tes urine. Jika pada hasil tes urine tersebut kadar leukosit anda meningkat secara signifikan dari batas atas normal, kemungkinan besar anda benar menderita infeksi saluran kencing.
      Untuk mengetahui permasalahan di ginjal, anda harus melakukan serangkaian tes laboratorium seperti usg ginjal, tes kadar kreatinin, urea n, dll.
      Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi (Sp.U). Jika dokter urologi menyatakan bahwa pada saluran kencing anda normal dan saat di usg ginjal ditemukan adanya batu ginjal, sebaiknya anda konsultasi lagi dengan dokter spesialis ginjal (Sp.PD-KGH).

      Hapus
    4. Terimakasih sudah share artikelnya menarik.. ternyata cukup ditekan telapak kaki anyang-anyang pun berangsur hilang

      Hapus
  124. Sip gan, salah satu Cara mengatasi anyang-anyangan kita dapat menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan atau bahan alami.

    BalasHapus
  125. Terima kasih banyak infonya. Sangat membantu. God Bless

    BalasHapus
  126. lagi di kantor dan anyang2an, buka google nemu blog ini, langsung praktek dpn komputer. Puji Tuhan sembuh.maksih banyak ya. GBU

    BalasHapus
  127. lagi anyang-anyangen, dan lagi nyoba tips yang sudah di jelaskan di atas semoga berhasil amin..

    BalasHapus
  128. Langsung efektif oe.. Mks ilmunya mas..

    BalasHapus
  129. alhamdulilah sdh sy pratikkan.dlm waktu singkat anyang2an hilang .. trims ilmunya

    BalasHapus
  130. saya juga anyangan2 udah lama sih, bertahun2 tapi saya cuek aja, tapi akhir2 ini, saya semakin sering bolak balik toliet kayak kencing selalu gax selesai, pas jongkok keluarnya sdikit pas berdiri ehh keluar lagi,,, semakin saya bnyak minum air putih maka akan semakin sering saya bolak balik toilet, 3 atau 4 menit sekali, terasa nyiksa banget,,,, dan skrg puasa pastinya saya tidak bisa minum, tapi masih aja kecing dan keluar sdikit2, berwarna kuning serta bauk yg menyengat,,??? apakah ini hanya anyang2an apakah INfeksi saluran kemih...?? mohon do'akan saya supaya bisa ikut sembuh sama
    seperti kalian...mkasih bnyak

    BalasHapus
  131. Masya Allah udah berkurang banyak pakai tips nya , pahala jariyah utk mas mengalir jazakallah khoir ya

    BalasHapus
  132. Subhanallah...alhamdlillah sdikit brkurang...sya baru coba..hasil nya sdikit brmanfaat udh sminggu lbih saya stiap tngah mlm kbangun karna pnyakit anyeng2 nya slalu kumat sampe sy kurang tdur alhmdlillah allah kasih ptunjuk..trimaksih bnyak..

    BalasHapus
  133. Kontes SEO BERLANGSUNG !!

    Total Hadiah 30 Juta Rupiah

    BDdomino.net Dengan Keyword : BandarQ Agen Sakong Judi AduQ Capsa Bandar Poker BdDomino
    Tanggal : 17 Juli 2017 sampai 2 Oktober 2017

    Selengkapnya : http://bddomino.org/kontesseo/index.html

    Tunjukan Kalau Kalian MASTERNYA SEO !!
    Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEO Anda dengan tidak sia-sia.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    http://duniajudikuindonesia.blogspot.com/
    http://duniajudikuindonesia.blogspot.com/2017/07/bandarq-agen-sakong-judi-aduq-capsa.html
    http://duniacheatjudi.blogspot.com
    http://duniasexkuindonesia.blogspot.com
    http://judibandarqsakong.com/
    http://judibandarqsakong.com/bandarq-agen-sakong-judi-aduq-capsa-bandar-poker-bddomino/

    BalasHapus
  134. Blog yang menarik dan informatif sekali

    Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembukan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini.

    Konsultasi Dokter Online Gratis Penyakit Infeksi saluran kemih

    Cara Mengatasi kencing Nanah / Gonore

    CHAT DOKTER

    Cara Merawat Vagina Dari Keputihan

    BalasHapus
  135. alhamdllh... ahirnya saya menemukan juga info yang sedang saya cari. terimakasih banyak gan. semoga bermanfaat untuk semua.

    BalasHapus
  136. Terima kasih! Kemaren pas tengah malam saya kena anyang-anyangan, risih banget jadi gak bisa tidur di 3 jam berikutnya, akhirnya saya buka internet untuk lihat solusinya.. Awalnya saya ragu bisa ikutin atau nggak, tapi ternyata bisa :)
    Alhasil saya langsung ketiduran setelah pijat” telapak kaki saya :D
    Terima Kasih!

    BalasHapus
  137. Terima kasih banyakπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
  138. thanks for this article and I really like the article that you are coral and very good.
    togel singapore

    BalasHapus
  139. teriamaksih banyak untuk infonya, saudara saya punya penyakit ini,

    BalasHapus